Subscribe:

Labels

30 Jun 2011

Tanaman Padi Diserang Wereng Petani Bakar Sawah

 Ratusan hektar tanaman padi di Kabupaten Madiunmati diserang hama wereng. Mengantisipasi penyebarluasan hama ini petani membabat dan membakar padinya yang sudah berumur 60 hari.

Sejumlah petani di Desa Wates,Kecamatan Mejayan,Kabupaten Madiun ini, tidak lagi sedang memanen padinya.Namun sedang membabat padi yang sudah tidak bisa diselamatkan akibat diserang hama wereng.
Selain membabat padi, petani juga membakarnya.Upaya ini dilakukan, sebagai langkah antisipasi penyebarluasan serangan hama wereng ke tanaman padi yang masih bisa di selamatkan.
Di Desa Wates, Kecamatan Mejayan hama wereng menyerang sedikitnya 36 hektar tanaman padi. Berbagai upaya petani mengatasi hama wereng, sudah dilakukan.Namun hasilnya sia-sia. Karsono, petani, “Mulanya itu ada tanda-tanda menguning, terus di bawah itu ada seperti hama, hama wereng, ini gak panen semua, habis jutaan mas, “ katanya.
Meski serangan hama wereng di Kabupaten Madiun sudah sangat memprihatinkan/ namun Bupati Madiun mengaku jika serangan hama wereng masih relatif kecil. Dari 27 ribu 5 ratus hektar sawah di 15 kecamatan yang ada, hanya sekitar 849 yang diserang hama wereng. Itupun yang parah hanya sekitar 9 hektar. (

Tidak ada komentar:

Posting Komentar