Subscribe:

Labels

28 Jun 2011

Ambisi Argentina dan Misi Brasil Sukses.........!!!!


Copa America 2011 akan mulai dihelat akhir pekan ini. Argentina selaku tuan rumah mengusung ambisi menjadi juara, sementara tim kuat lainnya Brasil membidik hattrick di turnamen antar negara-negara di kawasan benua Amerika tersebut.

Seperti perhelatan-perhelatan sebelumnya, Copa America kali ini akan diikuti 12 tim yang akan tergabung dalam tiga grup untuk saling berhadapan di grup masing-masing demi tiket ke fase knock out (perempatfinal). Yang berhak menembus fase knock-out adalah dua tim teratas di babak penyisihan, sementara dua tiket lain, akan menjadi milik tim peringkat ketiga terbaik. Total, delapan tim akan bertarung di fase knock out dan selanjutnya berjuang untuk memperebutkan trofi juara.

Dalam edisi ke-14 setelah berubah format menjadi Copa America, Argentina selaku tuan rumah menempati Grup A bersama dengan Bolivia, Kolombia dan Kosta Rika. Juara di dua edisi sebelumnya, Brasil berada di grup B, bersama dengan Paraguay, Venezuela dan Ekuador. Sementara Grup C akan diisi Cile, Meksiko, Peru dan Uruguay.

Menilik peta kekuatan tim-tim yang ambil bagian, Argentina dan Brasil nampaknya memiliki kans paling besar untuk keluar sebagai jawara, meski tim lain seperti Uruguay, Paraguay dan Meksiko juga tidak bisa dikesampingkan. Argentina dan Uruguay diketahui merupakan tim kolektor gelar juara terbanyak dengan 14 trofi. Sementara Brasil ada di tempat kedua dengan delapan titel juara, termasuk di dua edisi terakhir.

Untuk perhelatan kali ini, Argentina yang akan tampil di hadapan publiknya berambisi mengakhiri paceklik gelar juara yang terakhir kali mereka raih pada 1993 atau 18 tahun silam. Selain itu, salah satu bintang andalannya, Lionel Messi bertekad menjawab kritikan banyak pihak yang mencibirnya hanya bisa berprestasi di klub, namun tak bisa berbuat apa-apa untuk negaranya.

“Impian terbesar saya saat ini adalah memenangi Copa America. Kami tahu, seberapa berartinya (Copa America) buat saya dan tentunya publik Argentina. Ini merupakan target utama saya bersama seluruh pemain hebat lainnya dalam skuad (Argentina),” ujar Messi beberapa waktu lalu.

Selain Messi, pelatih Argentina Sergio Batista membawa sejumlah pemain top lain dalam skuadnya seperti duo Real Madrid Gonzalo Higuain & Angel Di Maria, Diego Milito (Inter Milan), Sergio ‘Kun’ Aguero (Atletico Madrid), Javier Pastore (Palermo) dan striker Manchester City Carlos Tevez yang sebelumnya sempat dibuang.

Dengan materi pemain yang bisa dikatakan cukup bagus, maka, bukan hal yang mustahil bagi Los Albiceleste untuk mengangkat trofi juara, sekaligus mentasbihkan diri sebagai tim dengan koleksi gelar Copa terbanyak, yakni 15 titel juara.

Jika pada ajang ini Argentina mengusung pemain-pemain terbaik, Brasil justru turun dengan skuad yang relatif masih ‘hijau’. Di bawah komando pelatih Mano Menezes, skuad Selecao akan mengandalkan talenta-talenta mudanya seperti trio AC Milan Thiago Silva, Alexandre Pato dan Robinho, serta bintang muda Santos yang tengah naik daun, Neymar.

Meski tak ada nama-nama top macam, Ricardo Kaka atau Ronaldinho, namun Menezes tetap yakin timnya mampu bersaing untuk meraih gelar juara ketiganya (hattrick) setelah sebelumnya tampil sebagai kampiun pada 2004 dan 2007.

Menurut rencana, pembukaan Copa America 2011 akan digelar pada 1 Juli 2011. Argentina selaku tuan rumah akan bermain di laga pembuka menghadapi Bolivia di La Plata. Brasil sendiri baru akan memainkan pertandingan perdananya kontra Venezuela di Grup B pada, 3 Juli mendatang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar