Subscribe:

Labels

19 Jun 2011

Puluhan petani Padi Dibiarkan Mati

Puluhan hektar tanaman padi siap panen milik petani di Desa Mojorayung Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun mati diserang hama sundep. Petani membiarkan membiarkan tanamannya, lantaran tak lagi bisa diselamatkan.

Sekilas hamparan tanaman padi terserang sundep tampak subur. Namun jika kita teliti dari dekat, tanaman padi ini daunnya menguning, batangnya membusuk dan banyak yang mati.
Padahal, tanaman padi ini sudah hampir panen. Karena tidak bisa diselamatkan, petani banyak yang membiarkan tanamannya mati.
Petani mengatakan serangan hama sundep terjadi sejak padi berumur sekitar 15 hari. Berbagai upaya dilakukan untuk membasmi hama ini. Namun hasilnya sia-sia.”Ada penyakit diberantas gak bias, hamanya muto sama walang,” ujar Maimun, petani.
Hal serupa dikatakan Winanto. Menurutnya, segala macam pestisida sudah dicoba untuk memberantas hama. ”Malah petani sekarang menggunakan abu dapur. Hasilnya juga belum tahu, karena kehabisan biaya untuk membasmi hama, akhirnya dibiarkan,” katanya.
Kini petani di Desa Mojorayung hanya bisa pasrah. Mereka sudah tidak bisa berbuat apa-apa menghadapi serangan hama yang merajalela

Tidak ada komentar:

Posting Komentar