2 Jul 2011
Honda CBR125R Buat Ramaja Belajar Balap
Astra Honda Motor punya andalan untuk sepeda motor yang memiliki spesifikasi balap pada varian Honda CBR250R dan CBR150R. Tapi, Honda ternyata masih punya keluarga di kelas CBR yakni si bungsu CBR125R.
Di pasar Eropa, CBR125R 2011 sudah diperkenalkan kepada publik pada akhir tahun lalu. Honda mengklaim CBR125R ini ditujukan untuk para pemula atau pengguna sepeda motor yang masih dalam tahap belajar.
Tapi, CBR125R punya performa yang maksimal. Mesiki hanya menggendong mesin 124,7cc liquid-cooled, 1-silinder SOHC. CBR125R menganut teknologi PGM-FI fuel injection. Hasilnya, motor 125cc ini meyemburkan daya 12,57 hp pada 10.000rpm dan torsi 10,1Nm pada 8.000rpm.
Catatan tersebut jelas berbeda dengan motor yang memiliki kapasitas mesin sama yang sudah beredar di Indonesia. Arti kata, CBR125R ini bisa dikategorikan dalam jenis motor underbone.
Dengan catatan tersebut, CBR125R dipastikan lebih kencang daripada motor sejenisnya seperti Suzuki Thunder 125. Thunder hanya menghasilkan 11,5 tenaga kuda pada 9.500rpm.
Rahasia akselerasi dan power kuat ini didapat dari kompresi rasio yang tinggi. Honda memberikan rasio kompresi u 11:1. Yamaha Jupiter MX hanya memiliki rasio 10,9:1. Sementara sang kakak CBR250R hanya punya rasio 10,7:1.
CBR125R akan menggunakan sistem transmisi 6-percepatan dengan final drive O-ring sealed chain. Sistem pengapian motor menggunakan sistem elektronik.
Konsep rangka CBR125R menggunakan model Pentagonal. Honda Eropa menegaskan rangka ini memberikan kestabilan besar pada motor hingga mudah dikendarai. Honda juga membreikan sistem suspensi kelas premium. Peredam kejut bagian depan hydraulic telescopic fork 31mm dan shock belakang menggunakan monoshock.
Ukuran roda depan 100/80-17 dan 130/70-17 pada roda belakang. Sementara urusan rem depan menggunakan disc brake 276mm twin-piston caliper dan disc barke 220mm single-piston caliper pada bagian belakang.
Spesifikasi All New Honda CBR125R 2011
Mesin
Type: Liquid-cooled 4-stroke 2-valve SOHC single
Displacement: 124.7cm3
Bore x Stroke: 58 x 47.2mm
Compression Ratio: 11: 1
Max. Power Output: 9.8kW/10,000min-1 (95/1/EC)
Max. Torque: 10.41Nm/8,000min-1 (95/1/EC)
Sistem Bahan bakar dan pengapian
Carburation: PGM-FI electronic fuel injection
Throttle Bore: 30mm
Fuel Tank Capacity: 13litres (including LCD-indicated reserve)
Electrical System
Ignition System: Computer-controlled digital transistorised with electronic advance
Starter: Electric
Battery Capacity: 12V
Headlight: 55W x 1 (low)
Drivetrain
Clutch: Wet, multiplate with coil springs
Clutch Operation: Mechanical; cable-actuated
Transmission Type: 6-speed
Final Drive: O-ring sealed chain
Label:
sport
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar